Penjelasan Bagian Pengaturan Komentar Blogger



 Penjelasan Bagian Pengaturan Komentar Blogger

Penjelasan Bagian Pengaturan Komentar Blogger - Peranan Komentar tak lepas dari bagian utama artikel, komentar menandakan adanya bentuk interaksi atau tanggapan dari para pembaca terhadap artikel yang ia baca.

namun perlu anda ketahui komentar bisa menjadi ladang menguntungkan bagi para pembaca seperti menanamkan backlink dan sebagainya pada kolom komentar, sebaliknya komentar dapat menjadi mala petaka bagi blog itu sendiri.

Seperti dengan melakukan komentar spam dan menanam backlink yang di anggap spam oleh google, itu semua dapat berpengaruh terhadap kualitas kesehatan blog anda. Bisa jadi dengan banyaknya link spam dari komentar, google mengganggap blog anda juga sebagai spam dan tentu saja itu buruk bagi blog anda.

maka untuk itulah anda harus benar benar pintar menyetting komentar pada blog anda sesuai dengan kebutuhan anda.

berikut saya akan menjelaskan mengenai bagian bagian yang terdapat pada pengaturan komentar di blogspot, semoga dengan adanya penjelasan ini, diharapkan anda pintar pintar untuk memoderasi komentar yang anda di blog anda untuk mengurangi kesempatan para oknum nakal yang sering melakukan spam komentar.

langsung saja

pertama tama anda harus masuk ke pengaturan komentar. pada menu dasboard silahkan klick "setelan" kemudian klick "postingan, komentar, dan berbagi". 



Masuk Ke Pengaturan Komentar

setelah itu scrool ke bawah sehingga muncul bagian pengaturan komentar, seperti berikut :

  • Lokasi Komentar

Pengaturan Lokasi Komentar di blogger

Pilihan ini akan memungkinkan Anda untuk memilih cara kolom komentar muncul untuk pengunjung Anda. ada empat pilihan yang disediakan, antara lain :

1. Tersemat :  Jika memilih pilihan ini maka kolom komentar akan ditampilkan di bawah artikel Anda (atau tempat lainnya, tergantung pada desain template), berarti ketika Anda melihat artikel Anda, Anda akan melihat formulir komentar juga.

2. Halaman Penuh :  Jika memilih pilihan ini maka Blogger akan menampilkan link komentar  kepada para pengunjung blog anda dan ketika mereka mengklik link tersebut maka akan terbuka jendela penuh baru yang berisikan seluruh komentar blog anda dan mereka dapat memberikan komentar mereka di sana.

3. Jendela Munculan : Jika memilih pilihan ini, kolom komentar akan muncul pada halaman lain yang akan muncul ketika diklik oleh pengunjung.

4. Sembunyikan : Jika memilih pilihan ini maka kolom komentar dan semua komentar yang ada akan disembunyikan (tidak dihapus ). Anda dapat menampilkan komentar Anda lagi setiap saat dengan memilih pilihan lain.

  • Siapa Yang Dapat Mengomentari?

Pengaturan Siapa Yang Dapat Mengomentari?

Pilihan ini memungkinkan Anda untuk mengatur izin untuk siapa saja yang dapat berkomentar di blog Anda. Ada empat pilihan yang tersedia , yaitu :

1. Semua Orang : Pilihan pertama, semua orang bisa berkomentar termasuk pengguna tanpa nama ( Anonymous ), namun Hanya saja pilihan pertama ini dapat membahayakan blog anda, karena kadang banyak kesempatan melakukan spam.

2. Pengguna Dengan Akun Google : jika anda memilih pilihan ini maka hanya para pengunjung yang menggunakan akun google ( gmail / Google Plus ) yang dapat berkomentar di blog anda.

3. Hanya anggota blog ini : dan untuk pilihan yang keterakhir hanya anggota blog saja yang dapat memberikan komentar.

  • Moderasi Komentar

Pengaturan Moderasi Komentar Di Blogger

Pilihan ini memberikan cara untuk memoderasi komentar pengunjung Anda. Adapun pilihannya yaitu :

1. Selalu : Jika anda memilih pilihan ini maka semua komentar baru akan dipindahkan ke Komentar dibagian Dasboard dan menunggu persetujuan Anda. Anda harus menyetujuinya satu per satu secara manual agar komentar dapat diterbitkan ke artikel yang bersangkutan.

2. Kadang-kadang : Anda akan diminta memberi batas hari setelah postingan diterbitkan. Defaulnya hanya 14 hari, namun Anda bisa merubahnya sesuai kenginan anda. Komentar akan dipindahka ke bagian dasbord untuk menunggu persetujuan anda, namun jika batas waktu yang telah anda tentukan lewat maka komentar akan diterbitkan secara otomatis.

3. Tidak Pernah : pilihan ini akan menyutujui semua komentar yang ada dan langsung menerbitkannya secara otomatis.

  • Tampilkan Verifikasi Kata


Pengaturan Tampilkan Verifikasi Kata

Pengaturan ini adalah upaya Blogger untuk melindungi penggunanya dari praktek spam.
hanya ada 2 pilihan yaitu "ya" dan "tidak".

Jika memilih Ya artinya, maka ketika pengunjung Anda mempublikasikan komentar mereka, Blogger akan menampilkan formulir untuk meminta mereka memverifikasi bahwa mereka bukan robot.

Jika Tidak maka Blogger tidak akan menampilkan folmulir verifikasi kata.

  • Pesan Formulir Komentar


Pengaturan Pesan Formulir Komentar Di Blogger

Dan yang terkhir adalah pesan formulir komentar, pilihan ini memungkinkan Anda menunjukkan beberapa pesan bagi pengunjung Anda sebelum mereka memberikan komentar. 

Biasanya menggunakan sebagai peringatan dan aturan bagi pengunjung ketika mereka mengomentari postingan Anda. Klik "Add" untuk menunjukkan kolom input.

Pada kolom ini, Anda bisa memasukkan teks atau kode HTML yang akan ditampilkan di pesan. Klik "Hapus" jika Anda ingin menghapus pesan yang ada.

Jika Anda memasukkan pesan, maka pesan itu akan ditampilkan dekat formulir komentar, seperti berikut :


Contoh Text Pesan Formulir Komentar Di Blogger

 Tapi ini tergantung pada desain template Anda, jika template Anda tidak mendukung komentar, maka Anda tidak akan melihat pesan teks ini.



Akhir Kata

Demikianlah artikel yang berisi penjelasan bagian pengaturan komentar blogger, yang telah saya rangkum atau tulis ulang dari beberapa sumber.

dan terima kasih untuk anda yang telah setia membaca artikel ini hingga akhir, tanpa kehadiran anda blog ini tidak ada apa apanya.

dan jika anda mempunyai pertanyaan mengenai pembahasan diatas, silahkan ajukan pertanyaan anda pada kolom komenter di bawah.

semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, jangan lupa untuk mengshare ke teman anda dan teruslah setia membaca artikel di blog ini.

bye , and see you next time :)

Belum ada Komentar untuk "Penjelasan Bagian Pengaturan Komentar Blogger"

Posting Komentar

Jika Ada Yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel Ini Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Dibawah, Atau Dengan Menghubungi Kami Pada Halaman Contact Admin.

1. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel