Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog

kecepatan loading suatu blog sangatlah penting.
dengan loading yang cepat para pengunjung akan lebih cepat melihat konten dari artikel blog tersebut sehingga para pengunjung akan merasa lebih puas dan menyukai blog tersebut.

namun sebaliknya jika loading blog anda lambat  maka para calon pengunjung blog anda lebih memilih untuk menutup blog anda dan mencari di blog lain yang lebih cepat daripada harus menunggu lama, untuk itulah kecepatan loading termasuk optimasi seo on page.

nah apa lagi setelah google menerapkan algoritma pigeon di mana dalam algoritma ini google menempatkan peringkat teratas terhadap blog blog yang memiliki kualitas seo on page maupun off page, sehingga dengan cepatnya loading blog kita skor seo on page kita akan bertambah dan akan lebih mudah untuk menduduki peringkat teratas di hasil penelusuran.

jika anda ingin mengetes kecepatan loading blog anda, berikut ini 2 website terbaik untuk mengetahui kecepatan loading blog anda.

Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog

1. Google Pagespeed

Google pagespeed adalah tools buatan dari google yang berguna untuk mengukur kecepatan sebuah website, dengan google pagespeed kita  dapat mengtahui skor kecepatan website versi desktop dan juga mobile.

selain itu dengan website ini google akan memberi tau kepada kita mengapa blog kita sangat lambat serta bagaimana cara untuk meningkatkannya.

jika anda ingin mencobanya silahkan kunjungi situs resminya langsung di PageSpeed Insights 

kemudian letakkan url blog anda di tempat yang telah di sediakan kemudian klik analyze

Nb: perlu anda ketahui hasil score versi mobile terhadap blog anda akan berbeda jika anda menambahkan ?m=1 pada akhir url anda.

silahkan gunakan ?m=1 ( https://nama-blog.com/?m=1 ) untuk mengetahui score asli kecepatan blog anda untuk versi mobile, karna tanpa ?m=1 maka akan menghasilkan redirect sehingga score anda berkurang.

sebagai contoh lihat gambar di bawah

2. GTMetrix

GTMetrix merupakan salah satu website yang telah banyak di gunakan oleh para pengembang blog untuk mengetahui serta meningkatkan kecepatan loading blog.

Sesuai dengan tagline yang di miliki “Analyze your site’s speed and make it faster” , GTmetrix menyediakan fitur untuk mengukur kecepatan sebuah web dan juga menganalisa website anda.

website ini menjabarkan secara detail parameter yang  menjadi kunci penting  kecepatan sebuah website sehingga kita dapat dengan mudah mengetahui parameter apa yang  membuat website memuat dengan lambat. GTmetrix juga memberikan tips dan solusi agar website memiliki kecepatan loading yang tinggi.

jika anda ingin mencobanya silahkan kunjungi websitenya langsung di gtmetrix.com

Penutup

itulah tadi artikel mengenai cara mengecek / mengetahui kecepatan loading blog, jika anda memiliki blog dengan loading yang cukup lambat silahkan baca artkel saya cara mempercepat loading blog.

jika ada yang ingin anda tanyakan seputar pembahasan di atas silahkan kirim melalui kolom komentar dibawah atau dengan mengirimnya pada halaman contact admin.

semoga bermanfaat, jika ada kesalahan kata serta kesamaan katasaya mohon maaf, akhir kata

see you next time and happy blogging


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengetahui Kecepatan Loading Blog"

Posting Komentar

Jika Ada Yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel Ini Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Dibawah, Atau Dengan Menghubungi Kami Pada Halaman Contact Admin.

1. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.
2. Komentar kami moderasi, dan tidak semuanya dipublish.
3. Semua komentar dengan menambahkan link akan dihapus dan tidak akan dipublikasikan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel